Rabu, 24 April 2013

Pembaruan Keamanan Facebook


Sampai saat ini Facebook masih salah satu jejaring sosial yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meski ada banyak jejaring sosial lain yang tak kalah menariknya seperti +Google+, namun masyarakat masih enggan untuk mencoba-coba lainnya. Tampaknya mereka terlanjur cinta dengan facebook. Ada apakah sebenarnya?

Jika menurut saya pribadi, mayoritas masyarakat Indonesia enggan mencoba hal-hal baru. Lihat saja waktu pertama kali kronologi facebook diluncurkan, mereka sudah ngomel-ngomel, tak setuju pakai kronologi, tak sudi lagi pakai facebooklah dan sebagainya. Tetapi selang beberapa saat, setelah mereka akrab dengan kronologi ternyata justru mereka makin asyik berfacebook ria.

Dengan adanya hal tersebut tampaknya dari pihak facebook sendiri telah membaca seberapa besar minat para penggunanya. Tak ayal berbagai hal-hal menarik diluncurkan agar pengguna lebih betah menggunakannya. Seperti akhir-akhir ini sedang marak pembajakan akun facebook. Hanya dengan mengklik sebuah tautan saja pembajak dengan mudah mengetahui email maupun password yang digunakan.

Dari pengalaman saya, sebuah email saja kayaknya tidak cukup mengamankan akun. Suatu ketika saya pernah dimintai tolong teman untuk memulihkan akunnya. Saya berfikir pasti mudah, karena email masih dapat saya buka, dan biasanya dari sana akun bisa dipulihkan dengan mengikuti tautan yang diberikan dari pihak facebook. Tetapi apa nyatanya? Tautan yang diberikan selalu gagal mengikuti pemulihan akun.

Nah, mungkin dari itulah sekarang facebook menginginkan keamanan pengguna agar menambahkan email cadangan dan nomer handphone. Hal ini tak beda dengan Goole yang menerapkannya, seperti pernah saya bahas pada artikel Verifikasi 2 langkah melalui telfon oleh google. Dengan email dan nomer handphone kemanan akun pasti lebih kuat. Karena setiap ada tindakan mencurigakan mengenai akun pasti ada pemberitahuan lewat email cadangan dan nomer yang telah anda cantumkan.

Jangan khawatir orang akan menyalahgunakan email dan nomer telepn anda. Karena, hal ini bisa disembunyikan dengan mengaturnya di kronologi anda sendiri. Bagi yang ingin akunnya aman silahkan tambahkan rekomendasi dari facebook.

Seperti yang pernah diberitahukan facebook seperti ini:
"Tambahkan nomor telepon untuk membantu mengamankan akun Anda dan hal lain. Jika Anda lupa kata sandi, menambahkan nomor ponsel membantu Anda masuk Facebook. Ini juga membantu teman menemukan Anda, membuat Anda selalu dapat mengikuti berita terbaru dengan pemberitahuan SMS, dan lainnya".

Selain nomer telefon Tambahkan juga email kedua (dapat anda masukkan pada pengaturan akun) dan buat pertanyaan keamanan. Semoga akun anda aman tanpa gangguan.

Sumber: http://supriyadipro.blogspot.com/2013/04/keamanan-facebook-diperketat.html

Selanjutnya akan dibahas Pemanfaatan facebook dimasa mendatang disini

 

Copyright © 2009 Study In Today . Blog Designed by Study In Today & AdhiTj.