Minggu, 02 Desember 2012

KONVERGENSI TEKNOLOGI DI INDONESIA



Saat ini, sektor teknologi komunikasi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi teknologi, struktur industri, nilai bisnis dan ekonomi, maupun dampaknya bagi kehidupan sosial. Secara sederhana dapat dikatakan adanya perubahan yang sangat mendasar yaitu dari analog menjadi digital.

Teknologi informasi mampu menggabungkan sifat-sifat teknologi telekomunikasi yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif. Fenomena ini dikenal sebagai konvergensi. Konvergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran, dimana penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.

Konvergensi mengarah pada penciptaan produk-produk yang aplikatif yang mampu melakukan fungsi audiovisual sekaligus komputasi. Maka tidak heran jika sekarang ini komputer dapat difungsikan sebagai pesawat televisi, atau telepon genggam dapat menerima suara, tulisan, data maupun gambar tiga dimensi. Itu hanya sedikit dari contoh nyata, bahwa semua aspek kehidupan, tanpa terasa tengah menggiring kita menuju ke platform yang satu, yaitu platform digital, Konvergensi adalah dua benda atau lebih bertemu / bersatu disuatu titik. Secara umum konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan atau tekhnologi komunikasi serta informasi ( ICTS Information Communication Technology and Services ).

Konvergensi juga terbagi menjadi beberapa bagian antara lain:

Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi media adalah bergabungnya (berintegrasinya) fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Konvergensi media muncul karena :
           ·         Dorongan kebutuhan akan beberapa fungsi media
           ·         Dorongan kebutuhan akan efesiansi
           ·         Teknologi yang telah memungkinkan berintegrasinya fungsi-fungsi dari beberapa media tersebut.

Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Salah satu produk yang disebut-sebut paling berpengaruh pada era konvergensi teknologi saat ini adalah tablet, yang juga merupakan komputer portable sama seperti notebook dan netbook, namun ukurannya yang lebih kecil dengan ciri utama menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen), dengan kemampuan menulis langsung di layar (writing cognition) dengan pulpen khusus (stylus).

Fenomena tablet memang tidak lepas dari kesuksesan iPad milik Apple. Vendor-vendor lain pun tak kalah inovatif menciptakan tablet seperti RIM dengan Blackberry Playbook, Galaxy Tab dari Samsung, serta vendor notebook maupun smartphone lainnya seperti Acer, Advan, Ainol, Asus, IMO, Motorola, MOVI, Nexian, Tabulet, dan sebagainya.

“Tren penjualan tablet ini juga dapat dilihat pada pameran Indocomtech dimana pengunjung dapat menemukan berbagai tablet dengan harga murah, bahkan hanya dengan harga di bawah satu juta terutama produksi Cina,” terang Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Yayasan Apkomindo.
Hidayat juga menambahkan, ciri khas Indocomtech selain menjadi pameran yang menggabungkan B2B (business to business) dan B2C (business to consumer) sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung, jauh lebih banyak dibandingkan pameran TI di luar negeri seperti Computex dan CommunicAsia.

Antusiasme tinggi diperlihatkan pengunjung dihari pembukaan Indocomtech yang dilaksanakan bersamaan dengan dua pameran lainnya, Jakarta Game Show dan Jakarta MotorCycle Show 2012. Puluhan ribu pengunjung memadati area pameran pada hari pertama pameran, Rabu (31/10) lalu.

“Sambutan positif dari pengunjung terlihat pada hari pertama pameran Indocomtech tahun ini, dan kami berharap jumlah tersebut akan terus meningkat hingga hari terakhir nanti,” harap Manager Divisi IT Dyandra Promosindo, Dwi Putri Winahyu.@rudy

Akan tetapi Konvergensi teknologi memeiliki beberapa kekuarangan seperti :

1.        Munculnya “gaya hidup digital”dan “gaya hidup on – line” dengan penggunaan computer dan LAN secara meluas
2.        Meluas / tinggi nya pemakaian internet, aplikasi chatting, e – mail, dll.
3.        Munculnya gaya hidup mobile
4.        Meningkatkan kualitas hidup kita
5.        Terbiasa dengan sesuatu yang instan
6.        Persaingan industry yang semakin ketat
7.        Fenomena serba e ( Lectronic ) dan On – line
Berikut merupakan tindakan remaja khususnya siswa yang sering ditemukan. Ada sikap positif dan negatif.

By: Tjatur Permadi

 

Copyright © 2009 Study In Today . Blog Designed by Study In Today & AdhiTj.